Friday, October 26, 2007

ada 2 judul

Judul yg Pertama,

Yang dah niat mo punya rumah, gak salah kalo ngebaca yang ini....!



Assalamualaikum wr wb
Pak Gozali,Saya berencana membeli rumah dengan cara KPR. Harga rumah Rp 130 juta. Penghasilan saya dan suami masing-masing Rp 1.200.000. Jadi, total Rp 2.400.000.
Kami sudah menyiapkan dana untuk uang muka rumah, Rp 55 juta. Namun kami bingung memilih dan memakai bank yang tepat dengan asumsi bunga yang tidak terlalu mahal.

Yang ingin kami tanyakan adalah:
Apakah bunga KPR tiap tahun berubah, mengikuti perkembangan fluktuasi bunga bank di pasaran?
Apakah ada bank yang memberikan bunga flat sampai dengan masa akhir akad kredit?
Pengembang menyediakan KPR dari BNI dengan bunga 11 persen. Apakah sebaiknya saya mencari altenatif lain atau menuruti pengembang?
Mungkin Mas Gozali bisa membantu mengatasi kebingungan saya dengan menjelaskan lebih detail tentang KPR dan bunga bank ini mengingat dana kami sangat terbatas.

Terima kasih.
Zaitun


Jawaban:
Mbak Zaitun,Alhamdulillah, satu lagi kebutuhan dasar Anda, yakni kepemilikan rumah akan segera terpenuhi. Untuk kebutuhan yang satu ini memang butuh perhitungan dan pertimbangan yang matang dalam menentukan KPR karena belakangan ini banyak sekali perbankan yang menawarkan berbagai macam KPR.


Ada satu hal yang perlu saya jelaskan terlebih dahulu mengenai besaran cicilan yang boleh Anda ambil. Besarnya cicilan utang dalam keuangan keluarga maksimal adalah sebesar 30 persen dari besarnya penghasilan bulanan. Jadi, untuk Anda berdua yang berpenghasilan Rp 2.400.000 maka besaran cicilannya adalah sebesar Rp 720 ribu. Ini sudah termasuk cicilan-cicilan lainnya bila memang ada.

Dalam dunia perbankan, memang minimal dikenal dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman komersial, yaitu dengan sistem fixed (tetap) dan floating atau fluktuasi mengikuti keadaan pasar. Sebagai orang awam seperti kita, pasti sulit ya Mbak untuk menimbang-nimbang mana yang baik apalagi bila kita tidak mengetahui dengan pasti cara perhitungan bunga tersebut.

Baik, sekarang saya jawab pertanyaan Anda satu persatu:
Keadaan pasar memang selalu naik turun setiap saat. Biasanya, bank mengevaluasi besarnya suku bunga setiap satu tahun sekali. Sehingga apabila Anda mengambil sistem fluktuatif, maka setiap tahun pembayaran cicilan Anda bisa berubah-ubah, bisa lebih besar atau ada kemungkinan lebih kecil dari tahun pertama pembayaran dimulai.


Ada bank yang memberikan pembayaran fixed (tetap) sampai masa akhir dari akadnya. Terutama bank-bank berbasis syariah. Enaknya pembayaran fixed adalah kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan berapa kira-kira pembayaran cicilan tahun depannya. Kalau jangka waktu pembayarannya pendek memang sih lebih enak untuk mengambil fixed saja. Selain bank syariah, Anda bisa menggunakan Bank BTN, karena bank ini juga menerapkan suku bunga fixed walaupun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bank lain.

Yang jadi masalah bukan pada mengambil cicilan melalui bank yang disediakan pengembang atau bukan, tapi coba Anda mintakan perhitungan dari pihak bank tersebut dengan uang muka Rp 55 juta dan bunga 11 persen dan kesanggupan Anda membayar Rp 720 ribu setiap bulannya, memakan waktu berapa tahun penyelesaiannya? Lalu, Anda bandingkan dengan bank-bank lain yang ada di kota Anda yang juga memberikan KPR ini, mana yang jangka waktu pembayarannya lebih singkat dan juga sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayarnya.

Mana yang lebih baik, ambil sistem fixed atau fluktuatif? Kalau diperkirakan suku bunga akan turun selama jangka waktu kredit, memang lebih baik ambil yang fluktuatif. Karena tentunya cicilannya bisa lebih kecil di masa depan. Hal ini agak sulit diprediksi dalam jangka panjang karena ada banyak sekali faktor yang memengaruhinya. Tapi kalau Anda ingin ketenangan dan kepastian dalam mencicil, akan lebih baik ambil KPR dengan sistem fixed saja, sehingga tidak perlu khawatir cicilannya membengkak di tengah jalan.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.
Salam,Ahmad GozaliPerencana Keuangan

Tips dari saya, ( yg punya blog loch...! )

Jika ingin sesuatu dengan jalan mencicil atau kredit, sesuaikan dengan kemampuan keuangan kita, jangan sampai memberatkan di kemudian hari.


Judul yang Kedua




Kuliah Lagi

Postingan kali ini, ane mau sedikit cerita tentang diri ane sendiri..,gppkan…tapi bukannnya NARSIS loh..,hueheheee.., begini ceritanya…!

Dah beberapa tahun ini keinginan tuk kuliah lagi gak jadi terus alias batal…,banyak alasan yg timbul…,tahun ini gak kuliah dulu karena banyak keperluan, tahun ini gak jadi kuliah karena terlambat..wah macam-macam..padahal kan kalo emang dah niat…pasti kuliah dunk ! bener gak ?

Nach tahun ini akhirnya…terealisasi juga niat itu…,ane kuliah lagi..,kenapa ane kuliah lagi ? karena dulu di thn 1995 ane hanya lulusan D3…, dulu knapa ambil D3 karena ane melihat kemampuan orang tua ane, kalo ane ambil S1 kasian orang tua agak lama ngebiayain ane kuliah..,sedangkan ane masih punya 4 saudara lagi yg masih perlu biaya juga….lagipula dulu ane pengen cepat dapet kerja..!

Sekarang, karena dah kerja, dah punya uang sendiri..gak salah dunk kalo niat itu di teruskan lagi.., lalu ane masuk STIE Muhammadiyah ambil Fak.Ekonomi status Mahasiswa Transfer ato Alih Jenjang…repotnya Mahasiswa Transfer ( kayak uang ajah di transfer.. ) setiapa pergantian mata kuliah ane sibuk cari kelas…,karena ane hrs menghadiri kuliah di semester 1, 3, 5 dan 7…,coba bayangkan ? malah ane pernah 2x salah masuk kelas….,jadi gini ane mestinya masuk mata kuliahnya Al Islam, menurut jadwal ada di ruang 5B, ane langsung masuk dunk…,duduk yg maniez…dikelas dah rame..,ketika dosen akan menerangkan mata kuliahnya…kok nerangin SDM..,nach loh jgn2 salah negh…,ane tanya ma orang disebelah..,mas ini mata kuliah Al Islam bukan ?? trus orang itu ngejawab, bukan mas ini SDM !...tuingg..!! maluuuu….ane cepet2 keluar kelas….

Tgl 22 Okt kemaren adalah hari pertama kuliah..,oh iyah ane kuliah malam dari jam 7 ampe jam 10 malam…jadi pulang kantor..,istirahat bentar , sholat trus langsung kuliah dech…, lumayan cape..,terasa capek esoknya ketika di kantor…,ngantukkk…, tapi yach ini adalah bagian dari pengorbanan ane, gak boleh ngeluh..hrs teteup jalan….,teteup kuliah.....!

Doakan yech, saudara2ku….,moga ane diberikan kekuatan tuk ngejalanin ini semua….! Amiinn..


Posted By Koz @ Bank KPR & Kuliah Lagi – Okt 2007

37 comments:

angin-berbisik said...

semoga lulus dengan cepat yah Mas, suksesss selalu

JualannyaSaya said...

to, mba tia
thanks yach mba...Insya Allah

GIES said...

semoga lancar kuliahnya mas:)
oh ya sekalian mo ngucapin, mohon maaf lahir batin ya Mas...

Me said...

Saluuuut banget sama om Koz masih semangat untuk kuliah lagi.
Dulu, saya kan niatnya jadi dosen malah udah tes segala, tinggal presentasi makalah, keburu pergi ke sini. Kenapa ingin jadi dosen? Krn saya pingin sekolah terus tanpa biaya sendiri, ambil Es dua, Es tiga, Es tung tung, Es cendol. Ehhh...lha tapinya di sini kok ketemu jodoh, trus sibuk banget, mo nerusin kuliah lagi kok udah nggak semangat. Ya sutralah...cukup sekian.
Kuliahnya diniatin betulan ya om Koz, ntar jangan mandeg di tengah jalan krn merasa kecapekan. Moga sukses ya!

Eucalyptus said...

Waaaah, rajin euy.... saya mah udah ngedableg otaknya klo disuruh belajar lagi..... Sukses ya....

GHATEL said...

Tapi ngg' bnyk Mas orng kya Mas, biasanya orng klo udah dpet kerja trus udah knl duit, udah mles bljar-bljr lagi Mas...

JualannyaSaya said...

to, gies
mohon maaf lahir & bathin juga..,Insya Allah lancar kuliahnya negh..

to, mba ani
moga gak ada halangan mba..., maju terus..

to, mba eucalyptus
terima kasih yach atas supportnya..

Anonymous said...

Klo aku sih ndablek bro, 1 kali kuliah di PTN dan 5 kali PTS kandas semua, kebanyakan keluyuran hik..hik.. tapi sekarang da sadar bro alias udah kelar tahun ini dengan 2 alasan utama, pertama, lunasin utang janji sarjana ke Ibunda tercinta, kedua, S1 sekarang udah nggak laku bro, sebel! makanya klo ada rejeki pengen lanjutin es 2. kita saling doakan deh bro, moga semua lancar, karena meski udah kerja, umur da tuwir, klo bisa sekolah teteup jalan terus, ya kan bro??!

Totok Sugianto said...

satu kata untuk Kang Koz.. "Salut" kalau masih terpikir juga untuk kuliah lagi. Semoga semuanya berjalan lancar. Sekali lagi selamat ya bro..

JualannyaSaya said...

to, terune
saling mendoakan yach bro..

to, mas totok
terima kasih mas...

Anonymous said...

weks..kepanjangan om bacanya ...
ane lg males nich om .. biasa futur ..huehehe
yg penting ane dukung deh ente kuliah lagi ..caiyo ...

Yolla Elwyn said...

Selamat Jadi anak kuliahan lagi mas Koz..
Semoga semuanya lancar..car..car..
Gak kayak jalan tol lohh, cos jalan tol sekarang lebih macet dari jalan tikus..( ngelantur dotcom he)

Jiayou..

andiana said...

cari rumah? kayaknya ke laut ajah deh impian itu...hehehe...menempati rumah warisan dan menjaganya baik2...kuliah lagi? maunya..tapi....lagi2 masalah biaya dan dana...temen2 dah ada yang lagi kul S3, aku tetep ajah D3...hihihihihi....semangat ya mas! Pantang mundur! Semoga kelak ilmunya bisa menjadi ladang amal...amien...

Anonymous said...

tetep semangad ya pak...pake D tuh bukan pake T lagi...menuntut ilmu memang harus gak ada matinya...apalagi buat jenjang karir kedepan...tapi karena aku udah bu-ibu terpaksa dech keinginan itu terlindas dengan segala kesibukan dirumah plus dikantor...

JualannyaSaya said...

to, kien
semangat bro.., thanks yach..

to, yolla
amin...,Insya Allah lancar..

to, an diana
amin, thanks atas doanya...

JualannyaSaya said...

to, heny
terima kasih banyak yach bu...,moga keinginannya bisa tercapai..

Anonymous said...

wah sy dr dulu semangat bgt mo kuliah lg tp krn wkt tu gw g dikasih mutasi ma kacab gw (grr..!!), akhirnya kan lama ktunda tuh, jdnya skrg da keburu males deh... ahahaha..!!

Anonymous said...

semoga sukses ya kuliahnya ... ^^

icHaaWe said...

di mesir sini beda, KPRnya gak dr bank, jd kyk lembaga swasta *orang2tajir dimesir* buka sistem arisan tuk kepemilikan rumah.macem2 sih, ada arisan mobil, furniture dll ...
enaknya juga... gak ada bunga ... tapi yah cicilannya beda banget sama KPR, rata2 terlalu tinggi.

didoain deh,moga cepet selese kuliahnya... emang repot yah, kuliah, kerja & berumah tangga ...bingung fokus ama yg mana

Unknown said...

Salut..salut, dulu Gunadarma juga ada DIII toh? Kalo kecapean ikut UT a.k.a Universitas terbuka aja mas..kayaknya lebih longgar di waktu. Btw..sukses terus ya..salam buat keluarga. Oh ya kapan balik ke Depok?

Anonymous said...

Beruntunglang bagi anda semua yang bisa mencicipi bangku kuliah, dan saya bukan termasuk didalamnya. Tetap semangat Kang Koz kuliahnya. Saya marah sekali ketika adik saya kuliah D3 aja sampai 4 tahun, terlalu banyak bermain-main. padahal dia kuliah itu bukan buat orang tua saya, tetapi buat dirinya sendiri dimasa depan....

Fitta Arsista said...

kak koz...aku harus bilang apa dong...Salut banget deh sama kakak..emang mengejar ilmu itu gak ada kata matinya...Bravo kak..maju terus...kudoain smoga kuliahnya bisa cepetan kelar...sukses ya

Anonymous said...

kuliah lagi yah...gimana mas...enak????hehehe

TaTa said...

klo lulus jangan lupa makan2 mas hihihihi

Anonymous said...

Amin ya rabb..
Tetep semangat ya mas koz... ^^v

Fitta Arsista said...

pagi kak..pa kabarnya?heran deh kok aku g bisa menyapa di SB..disini aja yak..:d..

JualannyaSaya said...

to, zee
kalo dah kelamaan yach gitu dech penyakitnya....makanya hrs di lawan negh..

to, shige
terima kasih..

to, ichaawe
akan saya jalankan konsekwensi ini mba..

to, sarah utami
saya tadinya dah ngurus juga kesana tapi hrs balik ke jakarta ( kopertis )..wah kok kayaknya malah jadi repot..

to, kang shadut
Insya Allah, saya mah gak main-main negh kang...

to, mba fitta
teriam kasih yach buat supportnya.

to, rezki
enak tapi cuapek mas..

to, tata
oks dei..di tunggu di Samarinda yach..

to, ai
teteup semangat atuh neng..nuhunnya..

to, mba fitta
masa gak bisa mba ?

astin said...

makasih info kpr nya mas..membantu banget.
oya smoga cepet lulus kuliahnya ya..biar kalo kerja ga ngantuk lagi hehe..

JualannyaSaya said...

to, astien
makasih yach..atas support dan doanya..

Rizki Eka Putra said...

Salut buat pak koz yg kuliah lagi! Sedikit berbagi saya skrg lagi drp out dari mm mercu krn faktor ekonomi... (he he ) krn kita yg punya tanggungan ini perlu berhitung agar kuliah nggak mandek dijalan!
Semoga sukses ya pak

JualannyaSaya said...

to, mas rizki eka putra
teriam kasih mas, sebelum saya ambil keptusan tuk kuliah, saya juga berdiskusi dulu dengan istri..., Insya Allah semuanya lancar.. Amiinn..

Sinopi said...

saya belom kemari yah...? prasaan udah wkt sabtu!

okelah...

pertama!
minta duit dong, mo beli rumah niy...
hehe

kedua!
SMANGAD! secara saya laping males sekolah, dari TK ampe kelar kuliah, separo hati. kl bukan demi ortu, saya ga mao sekolah... *hehe*

PS :
contoh buruk, jgn ditiru!!!

JualannyaSaya said...

to, nopi
waaa..tolong..ada yg minta duit..!!!

Bunda Ofa said...

Duch... jadi terharu baca support dari semua :)

Thanks yak buat semua yang dah support Ayah...

Buat Ayah... Good Luck Honey... mmuuaahhh :)

JualannyaSaya said...

to, bunda ofa
thanks yach chayank..

deFranco said...

Mmmmm....kuliah lagi, saya salut sama sampeyan Pak...apalagi alasan dulu milih D3 itu, itu yang gak kepikiran sama saya...iya ya, kasian orangtua harus mbiayai saya kuliah terus, gak slese2 lagi...ee malah disambi-sambi ngeblog segala...wah saya jadi malu sama sampeyan Pak. Mohon doanya aja biar skripsi yang sedang menghantui saya ini cepat selese, dan cepat lulus.

JualannyaSaya said...

to, joell de franco
sukses selalu, jgn nyerah..tetap bertahan..