Monday, November 26, 2007

Jgn Mau DiAmbil Lagi

Assalamu’alaikum WrWb

Postingan kali ini saya persembahkan untuk saudara – saudara saya di dunia perbloggeran yang udah setia selalu mengunjungi “ Rumah / Blog “ saya….!! Sukses buat semuanya…dan MISS U ALL..!!



Jangan Mau Diambil Negara Lain !

Hari ini Senin Tgl 26 Nopember 2007 pagi tadi saya dan istri menyaksikan sebuah berita di ti pi swasta yang memberitakan bahwa “ kemarin setelah selesai di gelarnya Pentas Seni & Budaya di Bandung, Menteri Pariwisata & Budaya…( maaf..lupa namanya..? ) mengumpulkan semua praktisi seni & budaya yang ada di Indonesia untuk menginventarisasi semua kesenian dan budaya asli Indonesia ! “ kesempatan ngumpul bareng ini dilakukan oleh Menteri setelah Kesenian Reog Ponorogo yang notabene kesenian asli orang jawa ( baca Indonesia ) ternyata ikut juga diklaim oleh Malaysia ( katanya segh ini budaya asli Malaysia namanya Tari Barongan )…,malah tadi saya dapet SMS dari saudara saya di Betawi bahwa ada temannya yang dari Malaysia bilang bahwa Kesenian Reog itu aslinya dari China ???? apa lagi negh ???? diperlukan kesabaran, hati yang dingin dan kebijaksanaan dari diri kita sebagai warga negara yang baik dan bangsa yang berdaulat untuk menyikapi masalah ini, jangan terpancing provokasi dari pihak manapun yang akan mengambil keuntungan dari kasus ini.

Saya sebagai orang awam yang gak tahu apa-apa dan gak bisa ngasih apa-apa juga ke Pemerintah, jadi cuma bisa berharap…Insya Allah tuk kedepannya Pemerintah kita harus lebih jeli dan peka lagi..!! mari kita doakan bersama, moga upaya yang di tempuh Menteri Pariwisata kita membuahkan hasil…! Ammiinn

Buat Pak Menteri, mau usul..! apakah perlu di buat lembaga yang Independent yang orang2nya kredibel di bidangnya untuk mengurus Hak Patent Seni & Budaya asli Indonesia ?? ….tapi gak usah ajah dech pak..,di Indonesia dah kebanyakan Lembaga !!!?

Wassalam
Maaf postingan kali ini tidak ada fotonya !
Posted By KoZ @ Seni & Budaya – Nop 2007

18 comments:

Totok Sugianto said...

Tentang kesenian reog ponorogo, waktu itu para pekerja bangunan di malaysia yang kebanyakan berasal dari jawa pada saat senggang memainkan kesenian ini di sana. Nah dari mengisi waktu senggang itu lama2 pertunjukan ini jadi sering dipentaskan di ranah seberang... jadilah mereka merasa ikut memiliki seni budaya ini.

Anonymous said...

wah bener tuh pak. knp ya malaysia suka ngaku2 kalo itu bagian heritage mereka. pdhal ga bisa maennya. udah angklung, batik mau diembat, sekarang reog

Anonymous said...

oala..ternyata sms si nopee nyampe juga ke samarinda...hehehhe...lagi uring-uringan dia...cape dech ngomongin malaysia

Sinopi said...

Saya liat di Metro, kt nya 15th yg lalu para pekerja Jatim bawa reog untuk diperkenalkan di MalesYah. Sayangnya oleh Pemerintah MalesYah dikasih syarat, ganti namanya jadi Barongan.
Sekarang, kl emang ini punya Malesyah, bisa ga mereka maenin nya? bikin nya? Bener2 ngasal yah.
Saya baru nyadar, ternyata MalesYah itu bener2 miskin! Segitu miskin nya sampe2 harus ngembat apapun milik Indonesia.

Flashback ke masalah ANGKLUNG yg katanya punya dia, ternyata Sanggar Angklung di Bandung yg namanya SAUNG UDJO, 15th yg lalu diundang pemerintah MalesYah untuk ngajarin gimana caranya maen angklung. See? Kl emang milik dia, ngapain dia minta ajarin?

Yg paling menggelikan dari semua ini, koq bisa sih 'temen sayah ituh' bilang gini :
Reg itu dari China. Di Malaysia dibawa oleh migrasi China dari dulu. Yg ada di JaTim jg asalnya dari China (isi sesuai aslinya)

China??? wadehel!!!
Bentuknya ajah amat sangat beda!
Jelas2 milik China ya Barongsai!!!
Plis deh, kl ga tau apa2 jgn sok tau
*terserah kl ybs marah... saya pun terus terang ajah lebih naik pitam lg baca sms dia setelah sms yg ituh!*

Bunda Ofa said...

Saya juga turut prihatin atas semua yang menimpa bangsa kita tercintah ini... :(

Saya bahkan pernah membaca imel dari seorang kawan yang memforward imel orang MalesYah (ikutin mba Novee nie tulisannya)yang intinya "Indonesia ini emang patut dikasihani, dari rakyat jelata, konglomerat, artis & bahkan petingginya ajah nyari sesuap nasinya dari MalesYah"

Sempet dongkol dan panas juga bacanya!!!! tapi kemudian ada pesan lain yang mengatakan " Indonesia harus berbenah, berbenah dari dalam"
GILA!!!! orang luar loch yang bilang gitu...(artinya dalam bangeddd bo'...!!!!)

Adakah para petinggi kita menyadari ini????
Jangan hanya memperkaya diri...
Katanya peduli...
Tunjukin donk dengan bukti!!!
Bukan hanya janji!!!

BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH!!!!

andiana said...

MALINGSIA!!!!MALINGSIA!!!! sialan emang tu tetangga atu! pantes ajah kalo dulu bung Karno nyuruh kita ganyang malingsia! sebel deh apa2 kok diaku-aku????ketauan banget miskinnya! saking kebanyakan ras yang tinggal di situ (india, cina, melayu..bla..bla..) jadi gak ada identitas....Truly Malaysia? Truly Malingsia kaleeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! *marah sampe ke ubun2*

GIES said...

iya begitu kayanya budaya negri kita..jd begitu seringnya kita kecolongan, bagus juga itu di inventaris kesenian yg ada:)

Anonymous said...

sapa yg mo maling? pasti malingsia ya....Negara tak tau malu! jadi EMOSI nih...
itu kan milik kita, jgn sampe dirampas lagi...lindungi aset2 negara kita...

GHATEL said...

MALON MALING BLOON SIALAN KITA DISEBUT INDON....(MALAYSIA Negara kecil kaya gitu macem2, (biasa emang kalau negara yang manusianya kurang bisa berkarya bisanya cuma nyolong karya orang lain, di Malaysia Yang bisa berkarya cuma Siti Nurhaliza, pantesan lagu2 BAND Indonesia hmpir semua band Indonesia laku bngt disana, di Indonesia udah basi disana mah masih di puter terus....

DASAR MALING SIA !!!
kita kencingin aja rame2 seindonesia, pasti keleleb tuh negara.....

ROe Salampessy said...

malaysia bikin ulah melulu, bangsa kita lagi diuji kesabarannya.. tapi kita tidak perlu mengambil jalan kekerasan, karena sebenarnya ini adalah rencana barat untuk menebar kebencian antara negara-negara muslim. Malaysia dan Indonesia harus duduk bareng, tanggalkan ego nasionalisme. kedepankan ukhuwah Islamiyah... INsya Allah bisa diselesaikan....

Anonymous said...

huehehe ... lagi2 ngebahas negara yg ga punya kebudayaan itu ... Malingsia !! Sebetulnya tinggal tunggu waktu dari pemerintah aja untuk melakukan penyerangan ..hehe
kalo kami di dunia maya, udah melakukan apa yg seharusnya kami lakukan ... e-ganyang !! ^^v

Anonymous said...

Kalo baca postingan tentang Malaysia yang malangsia itu bikin emosi deh. Sudah saatnya kita perjuangkan apa yang jadi milik kita. Jangan diam aja kalo diakuin orang lain. Semoga Indonesia bisa ya mempertahankan apa yang udah jadi miliknya.

Yolla Elwyn said...

nyolong lagi...?*!!@@??
bingung mo ngomong apa...:)
tapi, lagu rasa sayange sukses kami nyanyikan dihadapan orang2 internasional..:)
Itu Indonesia punya..LOHHH...:)

Agaz said...

kayanya kita mesti serang aja malaysia.. lama2 kurang ajar mereka..

Nunung said...

Malaysia mengklaim lebih dulu batik,lagu rasa sayange,angklung,reog, adalah miliknya, karena mungkin pemerintah Indonesia terlambat inventarisasi seni budaya dan mendaftarkan hak patentnya ke dunia internasional, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Lagian dunia internasional sudah tahu kok kalau batik itu khas dari Indonesia.

JualannyaSaya said...

To,Mas Totok, Asmus, Heny, Novee, An Diana, Gies, Ardhi Nugraha, Ghatel, Roe, Kien, Dhona, Yolla, Agaz & Nunung

Thanks buat coment, kritik & sarannya...!!
pada dasarnya kita semua gak suka, gak mau dan gak rela kalo ada negara manapun yang semena-mena dengan negara kita, apalagi sampe nyolong dan ngaku2...,setuju ???

Fitta Arsista said...

kak koz apa kabarrrrrrrrrrr?hehheheh aku lagi malas ngeblog nih...barusan mulai ngeblog lagi...
gimana kuliahnya..sukses terus ya..

Jhal said...

wah ternyata selama ini negara kita kemalingan yah...
semoga semua ini banyak hikmahnya buat kita dan buat bangsa lain yang udah mencuri seni budaya kita...

salam kenal buat semua dari http://jhalprob.blogspot.com