Friday, March 28, 2008

Mengatur Keuangan Kita


Ass.wrwb

Semoga kita semua selalu dalam curahan rizkiNya..aminn..

Alhamdulillah akhirnya saya bisa meng-Update kembali blog saya yang sudah lama terbengkalai, yang jarang banget di tengok sama mpunya..,karena ada sesuatu hal, moga ini akan berlanjut terus.( bisa ngeblog terus..! )

Terima kasih saya ucapkan untuk para blogger yang masih setia dan menyempatkan waktunya untuk datang mampir ke blog yang sangat sederhana ini. Mohon maaf apabila saya masih belum full untuk BW tapi Insya Allah saya akan melakukan BW balasan kesemua blog yang pernah berkunjung ke blog ini.

Mohon maaf bila dalam penyajian isi posting di blog ini ada kata - kata yang tidak pantas. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan Khilaf datangnya dari saya.

Selamat menyimak isi blog ini....,( dapat dari Email Milis )






MENGATUR DANA
oleh: Ahmad Gozali
(http://www.perencanakeuangan.com/)


Dikutip dari Wanita Indonesia No 951, 2008

Mas Gozali,
Saya karyawati, single, dan setiap bulan mendapat gaji Rp 2 juta. Saya tinggal bersama orang tua, ke kantor naik angkutan umum 3 kali ganti. Dari kantor dapat uang makan Rp 10 ribu/hari. Pertanyaan saya, sebaiknya berapa yang saya tabung, dan berapa yang bisa saya gunakan untuk bersenang-senang? Terima kasih.

Jawaban:

Penghasilan yang Anda terima termasuk hitungan yang cukup besar lho Mbak, apalagi saat ini Anda masih single. Dan lagi, Anda saat ini masih tinggal dengan orang tua dan enaknya lagi Anda masih mendapat tambahan uang makan dari perusahan. Jadi, karena saya yakin kebutuhan Anda saat ini belum terlalu besar daripada nantinya hanya digunakan untuk memenuhi keinginan saja maka seharusnya Anda bisa sisihkan sekitar 50 persen dari penghasilan.



Coba aja kita hitung. Untuk transportasi, saya asumsikan Rp 2000 x 3 kali naik mobil x 2 PP, maka seharinya adalah Rp 12.000. Dikali 20 hari kerja jadi Rp 240.000, saya bulatkan jadi Rp 250.000. Untuk makan siang, saya rasa sudah cukup dengan uang makan dari perusahaan.

Sekarang seberapa besar Anda bisa alokasikan untuk bersenang-senang? Sekali lagi saya senang Anda menanyakan hal ini. Karena dengan adanya alokasi ini, diharapkan Anda dapat mengontrol atau membatasi pengeluaran untuk bersenang-senang. Toh, kita semua orang pun butuh hiburan untuk memulihkan kondisi agar kembali segar untuk bekerja kembali bukan. Untuk itu besarnya bolehlah sekitar 10 persen dari penghasilan bulanan.

Sementara untuk kebutuhan makan sehari-hari tentunya karena masih numpang sama orang tua, tidak akan terlalu memberatkan. Tapi jangan lupa, ikut “nyumbang” juga lho untuk keperluan rumah.


Kalau Rp 1 juta untuk ditabung, Rp 250.000 untuk transport, Rp 200.000 untuk senang-senang, masih ada Rp 550.000 lagi untuk iuran rumah tangga dan keperluan pribadi lainnya.
Lalu, tidak kalah pentingnya adalah mengenai penempatan dana tabungan. enaknya ditaruh dimana ya? Apa ditabung saja? Boleh, ditabung boleh, tapi nggak boleh diambil. Gini aja deh, pertama ada baiknya untuk Anda membuat dana cadangan yang besarnya sekitar 3-6 kali dari penghasilan Anda satu bulan. Dana cadangan itu sebaiknya Anda simpan dalam bentuk sarana investasi yang likuid atau semi likuid (mudah untuk “dicairkan”).


Contohnya seperti deposito atau reksadana pasar uang. Sedangkan kegunaannya lebih kepada hal-hal yang sifatnya mendesak dan membutuhkan uang kas secara cepat. Misalnya, untuk biaya berobat, untuk membantu keluarga apabila ada musibah dan juga digunakan untuk memenuhi biaya hidup apabila Anda kehilangan pekerjaan yang selama ini memberikan penghasilan sampai mendapatkan pekerjaan baru.


Setelah dana cadangan terkumpul, Anda saya sarankan untuk melakukan investasi saja. Ke mana ya enaknya? Banyak sih pilihan sarana investasinya, antara lain adalah dengan membeli emas batangan, reksadana campuran atau saham, dan unitlinked. Pilihan sarana investasi tergantung dari bagaimana profil risiko dan juga tujuan keuangan yang akan Anda capai. Tapi kalau saat ini Anda hanya ingin mengembangkan dana yang dimiliki, maka saya sih lebih sarankan untuk mulai investasi pada reksadana campuran.


Dengan investasi ini, diharapkan Anda akan mendapatkan passive income yang besar nilainya sehingga segala kebutuhan hidup Anda bisa terpenuhi hanya dengan mengandalkan hasil yang diperoleh dari investasi. Jadi, Anda nantinya tidak perlu bersusah payah mencari uang untuk menghidupi keluarga Anda, cukup penghasilan dari dana passive income tersebutlah Anda memenuhinya.


Demikian semoga memberikan pencerahan kepada Anda. Selamat berinvestasi.
Salam,



Ahmad Gozali
Perencana Keuangan



Disajikan kembali oleh @ Koz - Mengatur Dana - Mar 2008

11 comments:

Me said...

Mengelola dana dalam rumah tangga bukan hal yang mudah, kadang2 sering meleset dari rencana kita, karena itu kita harus konsisten dengan aturan2 yang kita buat sendiri. Dan untuk menabung, jangan menabung dari sisa uang yang ada, tetapi ambil dulu sebagian uang untuk ditabung, baru sisanya kita konsumsikan sesuai pos2nya. Bukan begitu om Koz?

rezkitrianto said...

Uwaa uang 100 nya masi bagus ya*gak nyambung*

Anonymous said...

nice posting dan bisa jadi acuan saya untuk mulai mengelola gaji saya dengan lebih baik..........apalagi saya masih belum pandai mengelola gaji saya padahal lebih dari mba tadi

Anonymous said...

Selain gaji ada baiknya juga bagi kita untuk coba-coba cari penghasilan tambahan so, penghasilan kita ngga hanya dari satu tempat setuju...setuju

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said...

Wao bagus bNgt postingnya ^_* mengatur sebaik mungkin supaya lancar yup..harus ada dana cadangan/tak terduga...kayak AK aja :D

bagus koz ^_^
^_* semangtTt nabUNggg...
doa N iktiar ya berjalan...shodakoh ga' lupa,syukur ohhh yacH :D heee

Eucalyptus said...

makasih neh pastingannya, biar ada ide mo investasi kemana aja

JualannyaSaya said...

to, Mba Ani,khi, Bang Edi, Gelly & mba eucalyptus

kadang dalam mengatur keuangan bukan kebutuhan yang main tapi keinginan dan biasanya keinginan di tunggangi oleh nafsu...!!

w@hyu said...

postingan yg bagus banget.. aku udah kerja selama 5 tahun lebih, tapi sampai sekarang masih bingung uangnya kemana aja, padahal gajinya gak kecil2 amat.. jadi semangat lagi nih buat nabung, insya Allah..

sekali2 posting tentang reksadana dong mas.. pengertiannya.. bentuknya.. untung/ruginya, dll.. all about reksadana deh.. Mas Nandar kan paling jago untuk urusan gituan :)

Anonymous said...

saya juga lagi nabung neeh mas :D

Yolla Elwyn said...

kadang kadang dah diniatin ditabung ujung2nya kepake jg..he..

JualannyaSaya said...

to, wahyu, ghatel & mba yolla

yuk kita belajar nabung...btw tuk reksadana, tunggu yak !