Friday, April 11, 2008

Pilih Yg Mana


Hidup ini adalah pilihan ( seperti yang dikatakan istriku ) dan memang benar bahwa kita hidup ini di hadapi oleh beberapa pilihan. Memilih antara Ya atau Tidak !
Memilih yang Benar atau Salah !
Itu semua tergantung dari hati nurani kita sendiri, apabila kita siap dengan pilihan kita, Why Not ! apapun resikonya harus di ambil, harus di hadapi, benar gak ???
Sering orang berkata I have no choice ! masa segh ??? pasti ada pilihan, sekarang tinggal kitanya ajah, berani gak ambil keputusan untuk memilih !
Pesan saya, apapun keputusannya, pasti diiringi oleh resiko, setelah memilih, tugas kita selanjutnya adalah meminimalisasi resiko tersebut. Baiklah saya tidak akan berpanjang lebar....,
Silahkan simak isi posting ini...
Ingat ! pilihan datang dari hati nurani yang paling dalam ! PEACE...!





BEKERJA ATAU USAHA
oleh: Safir Senduk
(http://www.perencanakuangan.com/)


Dikutip dari Sindo, 09 Maret 2008

Pak Safir, perkenalkan nama saya Hening seorang karyawan swasta dengan penghasilan yang mencukupi. Karena saat ini saya sudah memiliki seorang Anda, saya berniat untuk fokus kepada keluarga dengan mendirikan usaha. Tapi yah itu dia, saya belum berani berhenti kerja karena usaha kan tidak langsung menghasilkan. Apa yang bisa saya lakukan, Pak? Bagaimana cara pengaturan untuk modal usaha?
Hening --- Jakarta Timur


Jawaban:
Mbak Hening,
Senang bisa kenalan dengan Anda lewat rubrik ini. Niat Anda untuk beralih profesi menjadi wirausahawan bagus sekali saya hargai. Sehingga Anda tetap bisa melaksanakan tanggung jawab Anda terhadap keluarga dan tentunya tanpa harus kehilangan pekerjaan. Bahkan bisa jadi, malah menambah penghasilan.
Saya bisa mengerti kegelisahan Anda, karena Anda masih terbiasa dengan penghasilan tetap yang Anda peroleh dari pekerjaan sebagai karyawan. Tapi tau gak, itu mungkin justru bisa menghambat Anda untuk jadi percaya diri dan sukses dalam usaha yang Anda bentuk. Terus, gimana ngatasinya? Gampang: Anda musti mengumpulkan modal usaha plus Dana Cadangan yang nilainya cukup besar.
Ini karena sebetulnya yang Anda khawatirkan adalah rutinitas keluar masuknya uang, bukan rutinitas kerja kantoran. Kalau Anda punya Dana Cadangan yang cukup besar, Anda kan bisa menggaji diri Anda sendiri dari uang cadangan itu sementara usaha Anda masih belum lancar pemasukannya? Ya kan ? .

Tapi yaaa…. Anda juga nggak perlu buru-buru kalau usaha Anda memang masih belum siap untuk dijalankan. Saran saya sih, sambil saat ini Anda masih kerja, bikinlah rencana yang benar-benar matang. Dan jangan lupa siapkan segala kemungkinan yang mungkin terjadi kalau usaha itu betul-betul akan berjalan nantinya. Contoh: kalau nanti usaha Anda untung, maka coba rencanakan untuk apa laba yang akan Anda dapatkan itu nantinya akan digunakan.

Dan kalau belum untung, Anda juga harus tahu apa yang harus dilakukan. Hal lain juga yang musti diperhatikan dalam rencana Anda adalah bidang apa yang ingin Anda buka, apa yang akan dibangun, berapa modalnya, dari mana dapat supplier, bagaimana konsumennya, bahkan mungkin sampai pada hal yang lebih detil seperti bagaimana bentuk desain kemasan dari produk atau design tempat usaha Anda.

Semua itu bisa Anda buat sendiri kok dengan bantuan suami, atau dengan bantuan seorang konsultan bisnis profesional. Sehingga kalau semuanya sudah siap dijalankan, Anda tinggal mengajukan pengunduran diri dan siap untuk menjalani dunia baru di bidang bisnis.
Gimana mbak, sudah dapat ya gambarannya? Selamat berwirausaha.


Salam.
Safir Senduk
Perencana Keuangan

Dipublish kembali oleh KoZ @ Bekerja atau Usaha - Apr 2008

17 comments:

Me said...

Kalau mau pilih salah satu, mesti dipersiapkan matang2 terutama dalam hal dana, harus ada dana cadangan yg besar jumlahnya. Kalau di awal2 usaha, kali mending jalanin dua2nya ya, sbg karyawan sekaligus pengusaha, menurut saya siiih

Yolla Elwyn said...

biasanya kl mo usaha itu susah mulainya gara2 kebanyakan mikir, takut gak laku, takut salah milih usaha, takut bangkrut dsb..akhirnya gak jadi2 buka usaha..hihi..*pengalaman pribadi he..*
Pinginnya kl dah mantap baru bener2 diseriusin deh..:)

Anonymous said...

Memang nggak gampang kan bro untuk memulai usaha !

JualannyaSaya said...

to, mba ani
bener mba, kita hrs nyediain dana yg gak kecil, tapi bukan berarti dgn modal kecil kita gak bisa buka usahakan ???

to, mba yolla
segala bentuk usaha baik skala kecil , menengah atau besar pasti mengandung unsur resiko, sekecil apapun...!!

to, kopitozie
bener bro, asli gak gampang perlu banyak rencana, pertimbangan, dan mental....

dee said...

berada di antara 2 pilihan itu sulit..risiko berbisnis emang gitu, mungkin aja ga laku atw perlu modal yg cukup besar. itulah yg menghambat banyak org, termasuk saya, sampe sekarang

JualannyaSaya said...

to, dee
gak ada yg salah dee...,emang hrs mantap dan siap mental

Kristina Dian Safitry said...

aduh aku jadi inget, kalo lom bikin konsep bisnis sampingan nih...pamit dulu yach?

Eucalyptus said...

Waktu suami berpindah dari karyawan ke bisnis aku sempet ragu lho, tapi dia bilang aku hrs ngedukung, biar gimana doa istri biasanya maqbul. Akhirnya aku relain dia ambil pensiun dini & usahanya Alhaldulillah berjalan sampai sekarang

JualannyaSaya said...

to,mba kristina
ayo mba selesaikan dulu konsepnya..

to, mba evi
memang harus saling mendukung..

w@hyu said...

duh, lagi2 artikel ttg bisnis.. aku juga punya keinginan, tapi belum berani melangkah.. bahkan memulai pun belum berani..

memang harus memilih sih, tapi sepertinya untuk saat ini aku masih memilih untuk tetap spt sekarang.. mudah2an ke depannya bisa lebih berani :)

Anonymous said...

mending langsung aja mas atau istilahnya nekat kalo mau usaha ngg perlu mikir ntar kedepannya gimana entah maju atau tidak yang penting jalani dulu...

tapi saya blm pernah usaha dhing :D

JualannyaSaya said...

to, w@hyu
ayo bro...maju terus..

to, ghatel
teteup memakai pertimbangan & rencana yg matang..

Anonymous said...

Saya sepenuhnya percaya dengan ada kemauan ada jalan, seperti yang saya sendiri sudah alami, memang sedikit tidak mudah untuk putar haluan menjadi pemilik usaha sendiri, dan yang paling menjadi pertimbangan biasanya adalah modal, modal dan modal, tetapi dari pengalaman saya, kreatifitas juga sangat penting, sayangnya ini tidak diajarkan disekolah saya dulu, gak tahu klu sekarang, dan memang ada saat dimana kita harus siap untuk 'temporarily backward' tapi hasilnya super ok kok, ini dia: http://cahnnel1.balidreamhome.com

sekarang sudah tahun kedua.....

Never give up!!

JualannyaSaya said...

to, balidreamhome
setuju bozzz..,teteup semangat...
kreativitas bisa juga jd modal..

Anonymous said...

spekulasi juga diperlukan lhoooo

Anonymous said...

ебутся порно
секс истории транспорте
предлагаю секс
халява порно видео бесплатна
пьяные видео бесплатно
порно линдсей лохан
порево женщин секс фото
разновидности секса
бесплатные видео ролики порнухи
sex machines video

Anonymous said...

You are not right. I am assured. Let's discuss it. Write to me in PM.