Monday, August 13, 2007

MoNdaY TipS

Hati-hati dengan kartu kredit, karena kartu kredit adalah kartu hutang bukan kartu belanja atau kartu debit, di tuntut bijaksana dalam pemakaiannya, agar kelak di kemudian hari tidak memberatkan kita.


PLUS MINUS KARTU KREDIT
(http://www.perencanakeuangan.com/)

Assalamualaikum wr wb
Mas Gozali, saya adalah karyawan di salah satu perusahaan swasta dengan penghasilan yang Alhamdulillah. Beberapa waktu belakangan ini, banyak sekali yang menawarkan kepada saya untuk membuat kartu kredit. Mereka mengatakan bahwa dengan kartu itu saya bisa belanja dengan cicilan yang tetap dan bunga yang bersaing. Saya kok agaknya tertarik yah Pak tapi sebelum itu ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai hal tersebut. Adakah tips yang bisa Anda berikan kepada saya tentang kartu kredit ini, karena saya sering dengar teman-teman kesulitan dalam membayar cicilannya. Terima kasih Mas.
Nuri, Tangerang
Jawaban:
Mbak Nuri di Tangerang,Memiliki dan menggunakan kartu kredit sebenarnya ada gampang dan enaknya. Tapi tentu juga ada susahnya. Gampang dan enak karena Anda tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana sehingga lebih aman dari kehilangan ataupun kecurian. Dan susahnya ya itu, banyak dari kita tidak mengetahui bagaimana cara mempergunakan kartu kredit yang baik, sehingga akan terlilit hutang cicilannya. Kartu kredit itu laksana sebuah pedang yang tajam, apabila tidak hati-hati Anda dalam mempergunakannya, bisa celaka.





Mungkin kedengarannya klise ya, tapi yang jelas, ketika Anda memiliki kartu kredit dan menggunakannya, cobalah untuk selalu membayar tagihan Anda secara lunas ketika waktu jatuh temponya tiba. Sehingga Anda tidak akan dikenakan bunga. Kalaupun Anda mau mencicil dalam membayar tagihannya, cobalah untuk tidak mencicil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Waktu yang paling lama ya sekitar empat bulanan. Ini perlu diperhatikan karena kalau Anda tidak membayar tagihan Anda secara lunas, beban bunganya akan terus bertambah, sehingga bisa jadi beban bunga yang harus Anda bayarkan melebihi pokok pinjamannya.
Lalu, satu hal lain yang perlu diingat adalah kartu kredit bukanlah tambahan dari penghasilan yang ada. Tapi, perlakukan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai yang tidak dibawa. Artinya, apabila batas kartu kredit Anda adalah Rp 5 juta bukanlah berarti Anda memiliki tambahan Rp 5 juta di luar penghasilan utama yang bisa dipergunakan tanpa perhitungan yang matang. Tapi, kartu kredit adalah alat ganti pembayaran Anda. Kalau Anda biasa membayar dengan tunai, kebetulan kali ini ada kartu kredit yang bisa menggantikan uang tunai Anda. Jadi sama saja kan?



Nah, pesan dari saya, sebelum mempergunakan kartu kredit ada dua hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan kemampuan Anda membayar barang yang akan dibeli.
Kedua, usahakan untuk membayar sebelum waktu jatuh temponya. Kalaupun memang harus mencicil, jangan hanya membayar batas minimalnya saja dan juga jangan lebih dari empat bulan.



Semoga bermanfaat...

Pesan saya " BEDAKAN ANTARA KEBUTUHAN DAN KEINGINAN "


Posted By Koz @ Repubulika Agt 2007

7 comments:

Fitta Arsista said...

Assalammu'alaikum wr wb kak..bagus nih postingannya...setuju banget,cc itu bkn 'uang lebih' tapi pengganti klo kita malas bawa uang cash..kita selama ini selalu mempergunakannya dgn baik,bener2 sebagai 'pengganti'aja..jadi tiap bulan semua tagihan masuk kesana,dan kita tgl bayar di cc,gak repotkan(ex.tgh halo & matrix kita..klo g lewat cc gmn byrnya..:),wong kita jauh dr INA hehhe..hmmmm blm pernah nyicil,selalu bayar lunas...takutttt klo hrs nyicil..:D

Doyok said...

saya sendiri gak punya kad kredit. byk problem yang hadir kalau guna kad kredit. di indonesia kad kredit dipanggil kartu kredit ya?

Sinopi said...

mendingan jangan maen2 ama kartu kredit lah, itung2 belajar menahan diri...
aku siy ga mau kridit2 an. punya uang ya beli, ga punya ya jangan. lagian kalo ngutang trus keburu mati sebelom bayar, bakalan nyusain ahli waris. slain itu katanya yg punya utang tp blom bayar ntar di akherat nya pas nyebrang jembatan sirathal mustaqim bakalan di gandulin utang2 nya
ga digandulin aja pastinya bakalan repot nyebrang di rambut belah tujuh...
hiiiiyyyy

Anonymous said...

wah, yg komentar di sini kayaknya bermukim di 'luar' semua :)

ttg credit card aku juga pernah berminat memilikinya. untungnya sih gak kesampaian. ya memang sih ada beberapa manfaat yg bisa diperoleh, misalnya ketika butuh uang utk keperluan yg sangat mendesak spt biaya rumah sakit bisa memanfaatkan itu. tapi utk orang yg kurang bisa memanage pengeluaran sepertiku akan sangat merepotkan kalo memiliki CC. apalagi kecenderungan saat ini CC lebih buat gengsi, bangga kalo CC berderet di dompet padahal itu kan sebenarnya kartu utang :)

artikel yg sangat bagus :)

pyuriko said...

Takutnya jika punya KK, malah jadi akan konsumtif... Jadi, lebih baik gak memiliki KK daripada punya hutang yang melangit, hehehe

Darkpuccino™ said...

walah.. saya ga ngerti soal kredit2an. mending langsung bayar lunas aja deh. hehehe

Vina Revi said...

Alhamdulillah, sejak tinggal di Indo, aku gak pernah lagi pake CC. hampir semuanya selalu aku bayar pake cash ato kartu debit. jadi gak pernah berhutang. tidur pun nyenyak! ZZZZZZZ ...

jadi inget, bbp bulan yang lalu pernah bikin tulisan tentang CC. tar aku cari dulu, deh. trus aku posting dan lalu aku link ke sini, ya!