Tuesday, August 28, 2007

Nabung Yuk

Kali ini, saya mencoba memposting , bagaimana kita bisa mengatur keuangan kita yang sumbernya cuma dari satu pintu, bagaimana caranya ??

Tidak terbesit sedikitpun tuk menggurui dan membuat fatwa...,maksud dan tujuan isi posting ini hanya sebagai masukan tuk kita semua.

MENCUKUPI KEBUTUHAN DARI GAJI
(http://www.perencanakeuangan.com/)

Saya perempuan, single dan baru saja masuk di dunia kerja. Terus terang saya cukup senang menjalani dunia yang baru ini. Tapi saya merasa hidup saya menjadi lebih boros dibanding sebelumnya. Dulu saya dikasih orangtua saya tiap bulan hanya setengah dari gaji saya saat ini dan itu cukup. Tapi, kenapa saat ini menjadi kurang?
Debbi, Surabaya

Jawaban:
Selamat untuk keberhasilannya memasuki dunia baru, yaitu dunia kerja dimana Anda tidak lagi tergantung dengan dana dari orangtua. Memang kalau dihitung secara matematika, seharusnya Anda tidak kekurangan uang karena penghasilan Anda sudah mencapai dua kali dari penghasilan sebelumnya. Tapi kenapa malah kurang?

Begini Debbi, keuangan pribadi atau keluarga tidak 100% sama dengan matematika. Sebab matematika hanya persoalan angka sedangkan keuangan keluarga dan pribadi ada unsur emosinya. Walaupun secara perhitungan sudah tepat, kalau hitungan itu ditambah faktor emosi, bisa saja menjadi kurang. Ini mungkin karena potensi pengeluaran yang selalu lebih besar daripada potensi pemasukan kita.

Coba hitung, berapa banyak pos pengeluaran Debbi tiap bulan. Pasti banyak! Hitung juga berapa pos pemasukannya. Mungkin hanya dari gaji saja. Jadi, memang tidak imbang. Saran saya untuk Debbi, buatlah prioritas pengeluaran dari uang gaji. membayar cicilan utang bila ada, tabungan atau investasi, baru sisanya digunakan untuk kebutuhan harian. Satu lagi yang penting, cukupkanlah dengan apa yang ada.


Pengalaman diatas, pernah juga menimpa saya, dan saya yakin pasti rekan-rekan ada juga yang pernah mengalami hal seperti itu ! Dulu waktu saya masih bekerja di Bandung…asli saya gak punya tabungan sepeserpun, padahal sudah 5 tahun kerja dan gajinya juga lumayan, saya sendiri gak ngerti kemana habisnya ?? sehingga pada saat saya punya rencana tuk menikah…saya baru sadar kalau saya gak punya uang apalagi tabungan !! dan akhirnya saya punya waktu 6 bulan tuk menyiapkan itu semua untuk merealisasikan rencana saya, dan Alhamdulillah Allah Swt memberikan jalan buat saya…!!! kejadian ini memberikan pelajaran yang sangat berharga buat saya.....



Ayo rekan-rekan blogger, jangan boros – boros.., biasakan nabung dari sekarang…lakukan sekarang jangan nunggu besok…!!! ( ini bukan iklan atau kampanye nabung dan juga bukan karena saya pegawai bank..ini hanya ajakan yang menurut saya punya nilai lebih..)
Hidup ini harus ada yang di prioritaskan...,begitu juga dengan keuangan..,mana yang lebih penting dan mana yang tidak penting...!! semua keputusan ada di tangan kita..

Berhemat bukan berarti kita pelit loch….!!

Posted By KOZ @ Berhemat – Agt 2007

13 comments:

Anonymous said...

Kalau sekarang saya punya kiat gini nih :Beli apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.
Soalnya kalau nurutin keinginan, semua maunya di beli, iya nggak?

JualannyaSaya said...

betul sekali mba Ani...saya setuju
makanya pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan

thanks yach mba

Anonymous said...

artikelnya bagus .... ^^

tapi kok susah banget ya ngilangin penyakit boros .. ^^


thnkz dah mampir ke Visual ... ^^

JualannyaSaya said...

TO Shige

dulu saya juga begitu dan sekarangpun masih tetapi volume dan frekwensinya tidak sehebat dahulu, kalo sekarang sudah ada remnya..,yaitu anak, karena masih ada yg lbh penting dibandingkan keinginan kita yg didasari oleh nafsu semata...( walah...)

thanks yach Shige

cici silent said...

Yup! Setuju. Mungkin kita sering meremehkan celengan / tabungan. Tapi, hal itu akan sangat bermanfaat bagi kita dalam memanage keuangan. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, ya kan ??? :)

JualannyaSaya said...

to cici_silent

bener banget ci, katanya menabung pangkal kaya..,iya kan ?

Sinopi said...

SIP! Stuju dah...

Adite said...

aduuuh, kayanya saya boros banget nih...
kere bulan ini

Anonymous said...

aku juga termasuk orang yg boros kayaknya.. aku juga sering bingung uang hasil kerjaku selama ini kemana ya? tabungan gak punya, dalam bentuk barang yg bisa dilihat juga gak ada.. ah sudah lah.. aku coba ikutin saran Mas Koz aja deh :)

Gita said...

iya nih... harus dari diri sendiri itu mah...
aku juga berusaha untuk ga boros, tapi emang beneran susah.
kayak bulan ini aja, coba berhemat dengan masak sendiri, ga beli makan di luar, eh malah uang lebihnya aku pake buat belanja baju sama pernik-pernik kamar hihihi..
mas koz ada saran ga???

JualannyaSaya said...

To Wahyu, Adite dan Gita

Memang berat, asli berat banget..apalg kita sering lapar mata ( sering beli barang yg gak perlu ) makanya dari hati kita hrs kuat menanamkan dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan..., biasanya keinginan ada nafsunya tapi kalo kebutuhan itu harus...

NABUNG YUK said...

Sekarang adaloh tabungan yang bagus, namanya tabungan proteksi (tapro) dari Allianz Syariah. Menabung di tapro,disamping abunan anda dapat bagi hasil, anda dapat fasilitas : biaya pengobatan 38 penyakit kritis,biaya rawat inap, santunan kecelakaan, santunan cacat tetap, disiapkan warisan untuk anak, bisa menabung gratis dan bisa jadi side income. analoginya,seperti orang sakit kepala, beli obat, sakit kepalanya sembuh, tapi uangnya dikembalikan ke si pembeli bahkan lebih besar dari harga obatnya. klik aja www.nabung-yuk.blogspot.com atau telp saya di 021 94943882 trims

NABUNG YUK said...

Sekarang adaloh tabungan yang bagus, namanya tabungan proteksi (tapro) dari Allianz Syariah. Menabung di tapro,disamping abunan anda dapat bagi hasil, anda dapat fasilitas : biaya pengobatan 38 penyakit kritis,biaya rawat inap, santunan kecelakaan, santunan cacat tetap, disiapkan warisan untuk anak, bisa menabung gratis dan bisa jadi side income. analoginya,seperti orang sakit kepala, beli obat, sakit kepalanya sembuh, tapi uangnya dikembalikan ke si pembeli bahkan lebih besar dari harga obatnya. klik aja www.nabung-yuk.blogspot.com atau telp saya di 021 94943882 trims