Monday, November 05, 2007

Catatan Awal Pekan

Ijazahku untuk apa ?





Di negeri kita ini, memang telah banyak orang yang menyandang predikat sarjana ! namun harus kita akui bahwa masih banyak sarjana kita yang kebingungan mencari kerja ?? yang pada akhirnya mereka harus menghadapi kenyataan, hidup tidak hanya bertumpu pada selembar kertas yang namanya IJAZAH, tapi bagaimana kita mampu menggali potensi, untuk mengarungi liku-liku kenyataan hidup.
Adalah sebuah kenyataan yang ironis, sering kita temui dimana-mana kasus seperti itu. Bahwa banyak pengangguran kita yang ternyata berijazah sarjana. Atau apa yang dilakukan sangat jauh dengan disiplin ilmu yang dimilikinya..., Dilema memang...!
Maka mungkin timbul pertanyaan, sebenarnya apa penyebab utama dari masalah tersebut dan bagaimana mengatasinya ? sebenarnya ini Pe Er buat pemerintah kita...iya gak ???
Apakah sistem pendidikan di RI yang jelek atau SDMnya yang kurang profesional ???



Kualitas pendidikan katanya sangat berpengaruh pada kualitas SDM. Maka menarik jika pada suatu saat ada orang yang mencoba membandingkan rendahnya kualitas SDM kita, serta rendahnya Tingkat Profesionalitas kita. Pertanyaannya adalah, Apa yang perlu kita lakukan ???



Posted By Koz @ Taufiqurakhman - Ijazahku untuk apa - Kaltim Post Nov 2007

33 comments:

Anonymous said...

Apa yg perlu kita lakukan? nggak ngarti bos apa yg mesti dilakukan, mohon maap hghh.. SDM payah nih..

Rizki Eka Putra said...

Menurut saya memang agak susah ngejawabnya! Karena menurut saya pada dasarnya pendidikan skerng hanya menghasilkan orang2 yang harus bekerja bukan orang2 yang "berusaha"!

Karena jika para sarjana yang dicetak adalah orang2 yang bisa berusaha maka lapangan kerja akan terbuka karena masing masing akan mengusahakan lapangan kerja.

Tapi saya hanya bisa berkomentar karena saya termasuk orang yang bari busa bekerja bukan berusaha!

ichal said...

pas bangett!!

bukan merasa tersindir, tapi emang sih saya adalah salah seorang yang termasuk dalam tulisan ini. gak tinggi2 amat alhamdullillah ijazah S1 ekonomi saya dari sebelom puasa udah sering masuk amplop dan jalan2 memasuki kantor2, pabrik2 bahkan rumah makan sekalipun.

blom ada hasil,, memang bisa dikairkan dgn SDM, tapi gak sepenuhnya juga spt itu.

toh sebelumnya saya juga pernah merasakan manfaat ijazah tersebut. walaupun sekarang ini kadang sampe nyumpah2, kesel juga ada kok blom dapet lagi ya??? hahahaha

emang susah jual ijazah!!

Anonymous said...

Masalahnya sangat kompleks dan berkaitan satu sama lain. Hiks, nggak bisa neranginnya. Tp bener tu yang dibilang mas Rizki.

JualannyaSaya said...

to, bang ichak, bro terune, mas rizki dan mba ani

bukan maksud menyindir atau apapun tuk isi posting ini
tapi memang dilema..kenyataan yg ada seperti itu sekarang...!! kita gak bisa nutup mata...

yang belum bekerja, yang sabar...,jgn berhenti tuk selalu berdoa dan berusaha, bila keduanya tlh kita lakukan, kembalikan segala urusan kepada Allah, karena kita tak punya daya dan upaya

tuk yang bekerja tidak sesuai dgn ilmu yg dimiliki, jalani & nikmati..yg penting niat kerja kita adalah ibadah , halal dan mendapat Ridho-Nya..

Yolla Elwyn said...

saya jg bingung ijazahnya mo diapain mas..:) lagian dl milih jurusannya rada2 gak mikir, s1 teknik informatika eee s2 malah nyasar ke kajian pariwisata lah sekarang malah belajar bahasa china, ini yang salah siapa yack he..maklum kl aslinya model ya kayak gini..wakakaak..:)

JualannyaSaya said...

ups, mba yolla foto model yach ?? beneran negh ?

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said...

ya menurut aku ijasah juga penting koz...karena bs mengenal tingkat fikir seseorg tp lbh penting orgnya itu sendiri...sejauh mana dia mampu menguasai ilmu yg dia miliki n mau memanfaatkannya...peluang itu sllu ada jika dia mau....jalan itu ga' hanya satu...cayOoo!! ya dr kecil dulu...di dunia ini cari kerjaan yg sangat bagus itu juga rada2 susah...tp ttp semangat...!!! semangat n semangaTTt....pasti ada jalan keluar itu,

JualannyaSaya said...

to, gelly
bener gel..,dimana ada kemauan pasti ada jalan...,Ijazah penting banget, itu bukti kalo kita dah berusaha menempuh pendidikan...,tapi skill juga perlu..dua2nya harus terkait..

teteup semangat gel..

GIES said...

hmm...*mikir* gmana kalo buat agunan pinjeman ke bank! bisa gk yaah? hehehehe :P

artja said...

mungkin harus merubah paradigma yang berlaku selama ini, bahwa kemampuan kerja tidak bisa dinilai dari ijazah. seringkali seseorang dengan kemampuan kerja biasa saja dan bahkan tak mampu bekerja sama dengan orang lain, tapi bisa diterima kerja di perusahaan besar hanya karena ia punya orang tua kaya raya sehingga ia bisa kuliah dan punya ijasah dari luar negeri.

padahal, tidak sedikit lulusan dalam negeri lebih baik kemampuannya.

sialnya lagi, kita nggak punya mekanisme untuk menguji kemampuan seseorang dalam bekerja dan bekerja sama, selain mengujinya secara langsung dalam dunia pekerjaan.

terlepas dari kualitas sistem pendidikan dan kualitas SDM, pemerintah harusnya menakomodir tenaga kerja domestik terlebih dulu, sebelum membukanya buat tenaga kerja dari luar negeri. ini pasti menyeret banyak hal, termasuk kebijakan membuka investasi asing beserta berbagai implikasi wajibnya.

mudah-mudahan semua bisa lebih baik lagi ke depannya.

Anonymous said...

saya pernah merasakan bersaing dengan pemegang gelar sarjana dalam mendapatkan pekerjaan yang pada akhirnya pos-pos kerja yang semestinya diisi oleh kaum dibawah sarjana semisal tamatan SMA ternyata diperebutkan juga oleh sarjana mungkin saking sempitnya lapangan kerja dan semakin beratlah pula perjuangan yang berpendidikan rendah untuk mendapatkan pekerjaan..

Anonymous said...

di negeri kita, berlaku sebuah adagium: "Yang penting bukan apa yang kita ketahui, tetapi siapa yang kita ketahui".
Jadi, skill, pengetahuan tidak menjadi penting.
Lantas, siapa yang anda ketahui? :)

salam

Anonymous said...

emang banyak sih PESANTREN (Pengangguran Santai Tapi Keren) hehe..emang pola pendidikan kita dr dulu ampe skrg mencetak tenaga siap pake katanya. kenyataannya? gak semua yg siap pake. Lebih parah lagi, kebanyakannya..gak ada orang kuat, gak bisa kerja. Yang penting bagi saya yg gak tamat kul ini, belajar tidak hanya disekolah, tp dimana saja. Tidak satu jalan ke roma.. Where there is a will, there is a way. gak ada ijazah?? so what gitu loh..tetap semangaaaattt pemuda indonesia

Nico Wijaya said...

hehe..ijasah sd utk masuk smp, ijasah smp utk masuk sma, ijasah sma, untuk masuk kuliah, ijasah kuliah? hemmm..belum lulus, lagi proses neh bang. hehe...

Totok Sugianto said...

bingung mau jawab gimana... tetapi menurut saya ijasah tetap penting untuk syarat nyari kerjaan trus untuk daftar jadi anggota DPR bahkan untuk jadi Presiden juga tetap diperlukan ijasah..

JualannyaSaya said...

to, gies
bisa gak yach ???

to, artja
susah tuk merubah paradigma yang ada kalo dah jadi tradisi & kebiasaan

to, shadut
hukum rimba berlaku kang..

to, andy miswar
hanya Allah yang tahu

to, mr. jev
teteup semangat

to, nico wijaya
selamat yach..

to, mas totok
memang penting mas..

Anisa said...

Ijazah sd,smp, sma kepake dulu...ijazah sarjana sejenak di tidurkan di rumah, diantara tumpukan surat2 penting lainnya. Diantara dilema, terus berkarya dengan bekal ijazah (otomatis keluarga pisah2 tempat) apa mau ngikut ijabsah asal KUA...?
Apapun jenis ijazahnya, yang penting kita bisa membawa diri dimanapun berada.Setuju sama Yolla, kita jadi model keluarga saja ya sementara...ehhehee

JualannyaSaya said...

to mba anisa
Ijazah KUA, kayaknya ngikut terus tuh mba kemana kita pergi...!

Unknown said...

Mas, komen saya udah masup belum ya?

Unknown said...

Ampun..saya nulis panjang2 ternyata ilang :(. Gini mas menurut saya, pendidikan kita emang jelek, SDMnya juga kacrut. Profesional? Uh, orang indonesia jauh dari kata profesional. Pertanyaan mas tadi, apa yang kita lakukan? Saya mau nanya balik. Maksudnya apa nih? Apa yang harus kita lakukan buat memperbaiki SDM kah? Atau yang kita lakukan untuk memperbaiki pendidikan? Kalo menurut saya fokus aja ma diri masing-masing. Sedari kuliah, niatnya bukan cuman ngejar IP atau IPk doang. Cari ilmunya, bukan nilainya. Saya yakin, sebenernya kalo kita gak "curang", ijazah Sarjana cukup worth it buat parameter. Setidaknya kalo udah kuliah, pola pikir kita ada kemajuan dibanding hanya belajar di SMA. Jika pas udah lulus, kita gak diterima juga..makanya punya kelebihan dong. Tambah keahlian..atau tambah selling benefit point kita, dan jangan lupa spesialisasi bidang, ini lebih memudahkan kita terpilih dan melesat dalam karir. Saat bekerja pun semata-mata bukan nyari duit doang, ilmu tetep yang prioritas. *udah kayak nenek aje ngomongnya*

JualannyaSaya said...

to, mba sarah utami
setuju banget, kuliah bukan cuma nilai yg dikejar tapi ilmunya, karena kalo cuma dapet nilai trus dapat ijazah tapi gak bisa apa2 yach percuma ajah..itu pernah terjadi dgn teman saya..malah dapat predikat S5 artinya Sarjana 5 juta, karena dia gak pernah kuliah, cuma bayar...jadi sarjana dech ! kayaknya semua harus di benahi tapi mungkin awalnya dari sistem pendidikannya dulu di reformasi, kalo mahasiswa kan tinggal ngikutin sistem yang ada...

Anonymous said...

Ijazah itu adalah pembuktian bhw kita pernah sekolah! xixixixi...
selama ini, ijazah emang tidak terpake, byk kok yg hanya membeli ijazah, mknya org indo byk yg korup, laaa ijazahnya aja nyogok...

buat saya sih, pengalaman lebih mahal daripada sebuah ijazah...

keep write :)

andiana said...

HIDUP HOMESCHOOLING! pinter gak perlu dapet ijazah..aplikasikan ilmu sesuai minat dan bakat! mau pinter kok mahal....

Arya Kusuma said...
This comment has been removed by the author.
Arya Kusuma said...

kl menurut aq sih negara Indonesia uda kebanyakan penduduknya mas. Jd harus diimbangi juga dengan SDM yang bagus jg. Perusahaan2 ato kantor2 yg membutuhkan tenaga kerja pastinya lebih selektif lg memilih karyawannya. Banyak yang punya gelar sarjana dengan cara beli skripsi, setelah di tes ga tau apa2. yah percuma aja donk, jaman sekarang gelar sarjana hanya sebagai embel2 bahwa kita uda lulus kuliah. yg menentukan ya tetep aja skill dan kemampuan kita....

GHATEL said...

Ngelamar kerja jaman sekarang Mas kalah sama yang punya duit lebih....

Eucalyptus said...

Suseeh Koz, mang pendidikan kita tuh blom diakui dunia luar, makanya yg laku klo udah ambil S-2, S-3 (sama es teler kali.. he he he...) yang dari luar....
Dah gitu lapangan kerja kurang, malah banyak perusahaan gulung tiker... mang peer pemerintah tuh

JualannyaSaya said...

to, rien
kenyataan yang ada di Indonesia seperti itu..

to, an diana
cara baru tuk pinter

to, komentar di hapus
kok di hapus ?

to, arya kusuma
saya setuju pendapat itu..

to, ghatel
belum lagi yang titipan..

to, eucalyptus
mestinya pemerinta RI tanggap yach..

Mr. Eagle said...

benar semakin hari semakin banyak yg menyandang predikat sarjana tapi gimana kualitasnya ???

ipam nugroho said...

kalau di tempat kerja gua, ijazah bisa buat ngutang koperasi, bro

Sinopi said...

padahal saya udah koment di sini kemaren... tp koq ga ada ya...
*brarti dah 2x niy koment ilang...*

JualannyaSaya said...

to, mr. eagle
masih meragukan yach ?

to, papapam traffic
huahahaaaaa...!

to, nopi
lg error kali yach blognya..