Wednesday, November 07, 2007

Renungan


Assalamu'alaikum WrWb



Ridha Allah pada
Ridha Orang Tua

Kewajiban berbakti pada orang tua disamakan dengan keharusan Shalat di awal waktu, dan Berjihad di jalan Allah.


Kalau kita mengetahui, bagaimana beratnya Orang Tua telah bersusah payah untuk kita, ibu mengandung kita selama 9 bulan 10 hari, kemana-mana membawa si jabang bayi yang ada di dalam perut..,belum mualnya, pusingnya, capeknya....!! Setelah lahir, di timang, di rawat, di susuinya kita..., hingga besar di sekolahkannya kita....,begitupun dengan ayah yang sudah bekerja keras untuk kita, supaya kita mendapat makanan dan pakaian yang layak...., lalu apa yang telah kita lakukan untuk Orang Tua kita ??


Didalam riwayat Abdullah bin Umar, bahwa berbakti kepada Orang Tua harus di dahulukan daripada berbuat baik kepada istri ( HR Abu Dawud No.5138, Tirmidzi No.1189 ).


Dengan berbakti kepada Orang Tua akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya. Dosa-dosa yang Allah segerakan azabnya di dunia diantaranya adalah berbuat zalim dan durhaka kepada Orang Tua. Dengan demikian jika seseorang berbuat baik kepada kedua Orang Tuanya, Allah akan menghindarkan dari berbagai malapetaka, dengan izin Allah.


Dalam hadits Abu Bakrah, Rasullah saw bersabda, " Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar ? " para sahabat menjawab, " tentu. " Nabi bersabda, " ( yaitu ) berbuat syirik, durhaka kepada kedua Orang Tua," ( HR Bukhari ).


Kalaulah mengatakan "ah " saja dilarang, apalagi melakukan tindakan yang membuat perasaan mereka sakit. Membuat ,menangis Orang Tua juga terhitung sebagai perbuatan durhaka.


Nah, rekan blogger..,coba kita renungkan sejenak...,kira2 kita dah melakukan apa yach tuk Orang Tua kita ??? coba renungkan ??

lebih banyak membuat mereka tersenyum atau lebih banyak menyakiti hati mereka ??


Mumpung Orang Tua kita masih ada dan sehat, jangan disia2kan..,bahagiakan mereka, buatlah mereka tersenyum...,sampai kapanpun kita tidak akan bisa membalas jasa2 Orang Tua kita. Bagi yang Orang Tuanya telah wafat, kirimi mereka doa..,mohon ampunkan mereka..!


" Wahai tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil "



Posted By Koz @ Renungan - Sabili - Hepi Andi Bastoni - Nop 2007

22 comments:

ichal said...

saya terlahir didunia, gak pernah kenalan sama nenek ato kakek dari pihak ibu,,, hanya kenal nenek dari pihak ayah satu2nya, menjelang 7 hari sebelum lebaran udah wafat juga!!!

makanya pengilhami banget tulisan pak kozz ini, cuma emang masih terus belajar untuk bisa berbakti sama ortu!!

kebanyakan cerita ya gw, hehehe!!!

andiana said...

hmm....tulisan yang selalu bikin aku merinding! Apakah kedua orang tuaku meninggal dalam keadaan ridha terhadapku???? Thats my biggest question! Ya Allah, aku cuman bisa berdoa dan nangis....

Unknown said...

Makasih pak tulisannya, aku gak bisa komentar , cuma bisa ngelap air mata aja, makasih bangetttt, aku jadi kangen bunda

JualannyaSaya said...

to, bang ichal, mba an diana & NN

pada saat memposting artikel ini, saya juga terharu dan merinding...ingat kedua orang tua saya yang jauh...hiks...
( mata saya juga berkac2 menahan tangis )..

Rizki Eka Putra said...

Membaca tulisannya bang koz membuat saya merasa sedih banget! karena sampai saat ini saya belum terlalu banyak berbakti pada orang tua! Padahal sampai sekrg mereka selalu memberi doa dan restu pada saya!

Anonymous said...

hiks...jadi inget sama Ibu dan Bapak dirumah ...
Sampai skarang Aku masih belum banyak membahagiakan mereka ...
"Ya Allah jauhilah mereka dari siksa neraka kelak ... dan berikan kebahagian untuk mereka di dunia dan akhirat ... karna itu yg bisa membuatku bahagia ...Amien" :(

Anonymous said...

Jauh di lubuk hati yg paling dalam..masih terpatri tegak harapan untuk bisa memberikan yang terbaik bg ortu gw. Tidak ada cerita mengeluh utk yg satu ini. mantebb..ini tulisan. thanks a lot Mr.Koz, sdh memberikan "warning back" to me.

JualannyaSaya said...

to, mas rizki putra, kien & mr.jev
ayo, kita berlomba2 tuk membahagiakan mereka..

Diana Indah said...

Aku suka sedih loh..secara kehilangan Bapak pas kelas 5 SD, yg masih bandel banget...
Ya moga2 aku ga pernah lupa doain almarhum & bisa bahagiain ibu..semoga masih banayk waktu ya. Amin

JualannyaSaya said...

to, mba diana indah
Insya Allah mba..moga keinginan mba tercapai..

Totok Sugianto said...

semoga saya bisa membahagiakan orang tua saya...

Juminten said...

Aku blum kebayang kalo Allah "mengambil" kedua org tuaku di saat aku belum siap...
...di saat aku dan adik2ku masih membutuhkan mereka!
Yg pasti, I'll do my best!
Akan kuusahaan membuat mereka tersenyum dan ga kecewa kpdku.
Dan aku yakin, kedua org tuaku tau bahwa aku telah berusaha memberikan yg terbaik buat mereka! ;)
*hope*

Cempluk Story said...

SEMOGA KITA MENJADI HAMBA YANG BERBAKTI PADA ALLAH SERTA ORANG TUA..Amin ya Allah..

icHaaWe said...

ya Allah...seminggu yg lalu baru aja disini ada kejadian yg menggemparkan.yg bkn kedua mertua saya sakit, bapak mertua saya mpe sekarat skrg, yg cewek nangis2 ajah kerjaannya...
karena kakak ipar saya *cewek loh* ... menikah minggu kemaren tanpa restu dr mertua saya...
ya Allah..parah deh pak... anak2nya sampe terlantar...ini baru hari ini, anak2nya diambil dr rumah saya sama bapak kandung mereka... bayangkan...seorang manusia...setelah sukses..malah jadi gila..lupa orang tua sendiri...dan yg lbh parah lupa anak2 sendiri... saya heran..kok bisa yah segitunya...capek deh...
saya cuma bisa doa dan pasrah aja

JualannyaSaya said...

to, mas totok
amin..semoga mas..

to, nilla
ayo nil...kamu bisa..

to, cempluk
semoga..amin..

to, mba ichaawe
padal kalo kita nikah trus ortu gak restu..wah bakal gak bahagia tuh rumah tangganya..ada ajah masalah nantinya...

GHATEL said...

Terima kasih Mas KOZ dengan postingannya karena telah mengingatkan saya pada kesalah2an saya kepada orng tua, dan stelah membaca tulisan ini saya kan lebih baik lagi kpada orang tua saya....

Unknown said...

Kalo berbakti kepada orangtua lebih utama daripada istri, apakah berbakti pada ortu lebih baik daripada berbakti pada suami???

JualannyaSaya said...

to, ghatel
ayo friend, buat mereka tersenyum bahagia..

to, sarah utami
yang saya tahu istri jd tanggung jawab suaminya dunia akhirat, tetapi bakti thdp orang tua itu kudu....!!

Yolla Elwyn said...

jadi kangen ortu nih mas..:)
walopun setiap hari kita isi dg membahagiakan mereka tp gak akan pernah impas dg apa yg udah mereka lakukan buat kita..
Mudah2an masih ada waktu untuk sedikit aja membalas semua yg dah mereka kasih..Amin..

Sinopi said...

Aminnn... kalo urusan orang tua mah nomor satu deh. apapun bakalan saya kerjain demi orang tua. itu juga kaga bakalan kebayar jasa2nya dari mulei ngebrojolin ampe segeni gede...
hiksssssssss... jd sedih!

Anonymous said...

Sekarang saya hanya tinggal punya Bokap.....dan baru sadar bahwa ditinggal orang tua itu terasa berat apalagi kalau kita tidak menjaganya dengan baik...makanya sekarang saya mencoba menjaga dan melayani semampu saya...karena saya ngga mau menyesal kedua kalinya....aminnnnn

JualannyaSaya said...

to, mba yolla
amin, moga ajah mba..

to, nopi
hiks...

to, bang edi
ayo bang, mumpung masih ada waktu dan umur..