Monday, July 23, 2007

Tips toDAY

5 kiat mengelola GAJI kita

Hari ini, kita merenung sejenak dan bertanya kepada diri kita sendiri, “ Sudah berapa lamakah saya bekerja ?” dan “ Sudah punya apa sajakah saya ?” dan “ Lebih banyak ke KONSUMTIF atau PRODUKTIF yang saya punya?” untuk semua pertanyaan ini, hanya kita yang tahu jawabannya…!!

Belajar” dan “Melakukan” adalah dua hal sangat berbeda. Banyak orang yang lebih senang belajar, belajar, dan belajar, tapi ketika harus melakukan apa yang di pelajari, eit..nanti dulu dech…!! Dah enak-enak di kondisi yang sekarang,..ehh..malah di suruh melakukan hal lain yang mengganggu rasa nyaman yang biasa di dapat..!!

Lebih mudah bagi kita untuk “ Belajar “ daripada “Melakukan” , padahal untuk melakukan kita harus keluar dari kenyamanan yang ada. Sebagai contoh,
Untuk membiasakan diri membeli atau memiliki harta produktif, seseorang harus mengubah cara pikir. Mungkin tadinya biasa berpikir “ nabungnya nanti aja dech kalau penghasilannya ada sisa” sekarang harus diubah “ nabung dulu, invest dulu ke barang produktif baru belanja..” atau ketika datang ke mal “ apa yang bisa di beli ?” harus di ubah menjadi “ apa yang bisa di jual disini ?” beratkan rasanya…???

Contoh lain, adalah kebiasaan ngutang ( hati2 yg pake kartu kredit ), kalau kita terbiasa ngutang, mungkin sekarang kebiasaan itu harus kita kurangi supaya cicilan utang kita tidak memberatkan gaji kita…tapi bisa gak yach ? gak ngutang..? berat yach…??

Harus ada yang dikorbankan, salah satunya mengubah cara pikir.., ada 5 ( lima ) kiat dalam mengelola gaji kita..:

1. Beli dan Miliki Sebanyak Mungkin Harta Produktif atau Harta Yang Bisa Memberikan Kita Penghasilan.
2. Atur Pengeluaran Kita ( Pisahkan antara Kebutuhan dan Keinginan ).
3. Hati – Hati Dengan Hutang. ( Jangan Terlena dan Terbuai Dgn Bunga Rendah )
4. Sisihkan Untuk Pos-pos Pengeluaran di Masa Akan Datang ( Asuransi Pendidikan Anak )
5. Miliki Proteksi ( Asuransi Jiwa atau Penghasilan Lain )

Sulitkah di lakukan ? sulit atau tidak, jelas ada pengorbanan ! lakukan demi kesejahteraan kita dan keluarga kita.

Selamat mengelola gaji yang di dapat, apabila kita bisa dengan pelan – pelan menyisihkan gaji kita dalam bentuk Tabungan , Deposito dan Reksa Dana atau dalam bentuk Aset yang lain…,mari dengan lantang kita katakan…

“ Siapa Bilang Jadi Karyawan Enggak Bisa Kaya “

Posted By Koz @ 5 kiat praktis mengelola gaji agar bisa kaya – Safir Senduk – Juli 2007

No comments: